LATAR BELAKANG.
SD
Puri Asah Dasar “AVESIENA” Malang didirikan atas dasar ikut bertanggung jawab
memenuhi kebutuhan akan pendidikan di kota Malang yang berciri Islam.
Dengan
didirikannya SD Puri Asah Dasar “AVESIENA” oleh Yayasan Puri “AVESIENA” yang
dikelola secara profesional dengan ciri Religius Islami, diharapkan dapat turut
serta memberikan sumbangsih di bidang Pendidikan Dasar dalam membantu
meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan ketrampilan, daya
cipta dan jeli melihat kesempatan dengan pengembangan logika alternatif yang
diperlukan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
SD Puri Asah Dasar
AVESIENA ini merupakan bagian dari Sekolah Alam AVESIENA Malang (SAAM), yang
merupakan sekolah dengan konsep pendidikan berbasis alam semesta. Dasar konsep
ini berangkat dari nilai – nilai Qur’an dan Sunnah, yang menyatakan bahwa
hakekat penciptaan manusia adalah untuk menjadi pemimpin, khalifah di muka bumi
(khalifatullah fil ardhy), dengan ciri utama menjadi rahmat di alam
semesta ( rahmatan lil alamin) serta pantang berbuat kerusakan di bumi (
la tufsiduu fil ardhy ).
Dengan demikian diyakini
bahwa hakekat tujuan pendidikan adalah mendampingi anak didik tumbuh menjadi
manusia yang berkarakter di jamannya. Manusia yang tidak saja mampu
memanfaatkan apa yang tersedia di alam, tetapi juga mampu mencintai dan
memelihara alam lingkungannya. Belajar di alam terbuka secara naluriah akan
menimbulkan suasana “Fun Learning”. Dengan demikian akan tumbuh
kesadaran pada anak-anak bahwa belajar itu menyenangkan dan sekolah pun menjadi
identik dengan kegembiraan. Harapan jangka panjangnya, manusia muda – manusia
muda Indonesia di masa datang adalah generasi muda yang selalu ingin menemukan
hal baru dan siap berada di situasi apapun.
SD Puri Asah Dasar
AVESIENA diwujudkan untuk merealisasi proses dan produk penggabungan antara
INTELEKTUAL dan KALBU agar siap hidup dijamannya sebagai SMART LEADER (pemimpin
yang CERDAS, BERIMAN, dan BERTAQWA).
VISI MISI SD Puri Asah Dasar “AVESIENA”
Visi
|
Wahana mendampingi peserta didik memprogram dasar
berkelanjutan sesuai dengan tugas perkembangannya di tingkat sekolah dasar agar
mampu meningkatkan keteguhan IMTAQ
ISLAMI dan menyikapi kemajuan IPTEK dengan tepat yang telah dikenalkan di
jenjang sebelumnya untuk dilanjutkan dijenjang berikutnya agar siap hidup
dijamannya.
Misi
|
Menyelenggarakan upaya asah, asih, asuh bersama orang tua
dalam hal IQ, EQ, CQ, SQ, dan Bakat Minat, dengan memanfaatkan potensi dasar
proses tumbuh kembang peserta didik yang berciri Islam. Menyelenggarakan proses
pengembangan diri bagi peserta didik untuk mencapai kecakapan dasar secara
optimal dalam konsep pendidikan untuk keunggulan baik IMTAQ ISLAM maupun IPTEK.
PROGRAM
UNGGULAN.
Ø 13 AREA PENGEMBANGAN KOMPETENSI.
Keimanan, Motorik Kasar, Berbahasa, Motorik Halus, Seni, Intrapersonal,
Interpersonal, Self Help, Daya Pikir, Problem Solving & Kreatifitas,
Kepemimpinan.
Ø 15 KETRAMPILAN HIDUP (LIFE SKILL).
mampu menjalankan ajaran agamaku secara benar, mampu berkomunikasi dan
bernegosiasi dengan siapapun juga, mampu membantu diriku sendiri (self help),
mampu bersosialisasi dengan siapapun juga, mampu menjaga kesehatan holistikku,
mampu menjalankan kehidupan sesuai aturan (norma), mampu mendorong diriku untuk
cinta baca sejak dini, mampu mengerti
dan mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu belajar berbagai
seni, mampu mengasah kreatifitasku, mampu memecahkan masalah yang aku hadapi,
mampu merangsang intelegensi jamakku (multiple intelegences), mampu mengasah
instink dan logika bisnisku, mampu menjadi pemimpin dan di pimpin serta dapat
bekerja sama dengan siapapun, mampu menjaga indonesiaku.
Ø REMEDIAL CLASS.
Ø
SMALL CLASS, satu kelas berisi 10 – 15 murid.
Ø
THEMATIC LEARNING, sistem pembelajaran tematik.
Ø MULTILINGUAL
METHODS, menggunakan bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, Arab.
Ø “PAKEM”
LEARNING, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.
Ø Berciri
ISLAM.
Ø ASAHAN
IQ, EQ, CQ, SQ, dan Bakat Minat.
Ø SEKOLAH
INKLUSI.
KEGIATAN UNGGULAN.
Ø PROGRAM EKSKURSI.
Ø OUT BOUND TRAINING.
Ø LEADERSHIP CAMP.
Ø PONDOK KREATIFITAS
RAMADHAN.
Ø UNDANG TOKOH.
Ø EXPERIMENT STUDY.
Ø EXPLORASI STUDY.
EKSTRAKULIKULER.
Ø PRAMUKA.
Ø DRUMBAND.
Ø BHS. INGGRIS.
Ø BACA TULIS AL QUR’AN.
Ø SEPAK BOLA.
Ø MENGGAMBAR.
INTRAKULIKULER.
Ø KOMPUTER.
Ø MENYANYI.
SISTEM
PENDIDIKAN.
A. INTEGRATED LEARNING.
Metode pembelajaran dengan mengenalkan problem solving
reality situasion and condition dimana para siswa berusaha dalam analytical
maupun pratical skill use dalam menghadapi berbagai problematika .
B. ENJOYFULL LEARNING.
Metode pembelajaran yang menumbuhkan rasa senang, enjoy dan kreatif. Para
siswa diharapkan dapat menerima materi pembelajaran dengan penuh semangat dalam
totalitas media yang menyenangkan, pembelajaran yang tepat dan efektif. Siswa
melakukan sesuatu karena suka dan bermanfaat. Menyajikan kebebasan,
kegembiraan, keceriaan dan keriangan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
dengan lingkungan belajar positif dan menyenangkan.
C. COOPERATIF LEARNING.
Melakukan kegiatan pembelajaran antara pengajar dengan
siswa atau siswa dengan siswa sehingga mampu menciptakan kondisi lingkungan
yang komprehensif dan mampu menunjang kegiatan belajar mengajar yang
sehat.
D. CONTEXTUAL TEACHING LEARNING.
Metode pembelajaran dengan suatu kegiatan konkrit sebagai landasan pembelajaran yang terintegrasi. Dikenalkan dengan persoalan – persoalan konkrit yang kemudian diadakan suatu pemecahan dalam bentuk diskusi secara berkelompok dengan bimbingan guru. Siswa mendapat ketrampilan hidup secara kreatif dan mampu memanajemen diri dengan tepat.
Metode pembelajaran dengan suatu kegiatan konkrit sebagai landasan pembelajaran yang terintegrasi. Dikenalkan dengan persoalan – persoalan konkrit yang kemudian diadakan suatu pemecahan dalam bentuk diskusi secara berkelompok dengan bimbingan guru. Siswa mendapat ketrampilan hidup secara kreatif dan mampu memanajemen diri dengan tepat.
Assalamualaikum.. maaf sebelumnya. Apa ada no WA yang bisa dihubungi. Mau tanya2 masalah lowongan guru PAI.
BalasHapusApakah sekolah sudah buka saat ini?
BalasHapus